Senin, 02 November 2009

tentang ubuntu software center

salah satu hal baru pada ubuntu 9.10 adalah menu instalasi program yang kini dijadikan ubuntu software center. pusat piranti lunak ubuntu ini adalah semacam gudang aplikasi yang dapat kita install secara lagsung dengan beberapa klik saja.

untuk membuka ubuntu software center, hanya perlu klik menu Applications, dan lihatlah pada deretan paling bawah, di situlah letaknya ubuntu software center. ragam aplikasi tersedia dalam berbagai kategori, tinggal pilih mana suka. masalahnya, apakah sebuah aplikasi memang tersedia untuk diinstall?

dari apa yang saya alami, ternyata tidak semua aplikasi dapat diinstall alias tidak tersedia. namun masalah tersebut dapat dipecahkan. persoalan ini dikarenakan sumber software, atau software sources yang kita gunakan pada ubuntu software center tersebut yang kadang belum menyediakan paket yang diinginkan.

solusinya? mudah, kita tinggal merubah Software Sources, atau merubah lokasi sumber software. untuk melakukannya, tentu saja setelah membuka ubuntu software center, klik menu:
Edit > Software Sources

pada pilihan Download From, tersedia berbagai server sumber aplikasi dari berbagai negara, tentu saja tak ketinggalan Indonesia tanah air beta. beberapa server yang saya coba ternyata belum memberikan sejumlah paket yang ingin diinstall, akhirnya pilihan jatuh pada server utama (main server) atau server amerika. bagi mereka yang anti amerika tidak disarankan untuk memilih server amerika.

catatan:
untuk memperbesar gambar tak perlu mendatangi praktik cucu mendiang mak erot, cukup dilakukan dengan mengklik gambar tersebut.

itu saja... dan keep bloggin'
;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar