Kamis, 25 April 2013

Windows Live Admin Center Pengganti Google Apps

Windows Live Admin Center
Mungkin dengan berubahnya kebijakan google untuk tidak lagi menggratiskan penggunaan google apps akan mempengaruhi banyak pengguna (akun) baru yang ingin menggunakan layanan tersebut. Karena harus diakui, google apps (versi gratis) adalah sangat menguntungkan.

Fitur utama google apps yang paling banyak dipakai adalah email dengan custom domain. Yakni menggunakan email milik google tapi pakai alamat dengan domain sendiri. Beruntunglah yang sudah lama menggunakan google apps, karena tidak terkena imbas perubahan kebijakan google. Sebab kebijakan berbayar itu hanya dikenakan bagi pengguna baru.

Karenanya, bagi pengguna baru, yang ingin mencoba layanan cukup sejenis (walau sebenarnya secara pribadi lebih suka google apps), mungkin bisa coba layanan Windows Live Admin Center milik Microsoft. Layanan tersebut juga memberikan kesempatan untuk mengatur custom domain. Lagi pula layanan ini juga mendukung Pop3, sehingga enak juga bagi yang lebih suka menggunakan aplikasi email-client seperti thunderbird, dll.

Hanya saja sepertinya saat ini, kadang layanan tersebut bermasalah, dan bisa memunculkan pesan berikut saat kita berusaha mendaftarkan sebuah domain:

This domain name can't be used because it contains a protected word or inappropriate language. Please contact support if you feel this is not the case.

Hal tersebut kerap terjadi pada domain yang terasosiasi dengan negara tertentu. Khusus untuk ID yang terasosiasi dengan Indonesia, hal itu terjadi pada domain dengan ekstensi web.id. Ini adalah hasil beberapa kali mencoba memasukkan domain, sementara untuk domain ID dengan ekstensi lainnya sepertinya tak masalah, kecuali pada nama domainnya memang mengandung hal tertentu yang dipersyaratkan microsoft.

Satu-satunya langkah untuk mengatasi hal tersebut nampaknya saat ini hanyalah menghubungi pihak support, untuk mereka bantu mengaktifkan penggunaan layanan, sehingga domain bisa digunakan pada WLA.

Untuk lebih jelasnya, silakan langsung menuju lokasi, jika ingin mencoba menggunakan: Windows Live Admin Center

2 komentar:

Inzacky mengatakan...

Untuk jumlah user yang bisa ditambahkan berapa ya..? dan berapa space email yg diberikan oleh windows live admin center ini...? :)

Pakacil mengatakan...

Berdasarkan informasi yang terdapat pada WLA, jumlah user yang bisa ditambahkan adalah 50 user dgn opsi bisa terus menambah.
Space tiap akun adalah sebagaimana layanan email milik microsoft (outlook/hotmail)

Posting Komentar