Rabu, 20 April 2016

Redux Framework WP Error: Call to undefined function (How I Fix It)

Pertama, tulisan menyangkut WordPress ini justru dipublikasikan pada blog dengan platform blogspot. Tak mengapa, toh masih tetap bisa dibaca, bukan? Kedua, cara mengatasi ini adalah cara yang saya gunakan, dan bukan satu-satunya cara untuk mengatasi error yang muncul akibat pemasangan plugin Redux Framework pada sebuah instalasi WordPress.

Berawal dari pesan error yang muncul saat memperbarui plugin Redux Framework, yang memunculkan pesan error sebagaimana berikut:

Fatal error: Call to undefined function wp_generate_password() in .....wp-admin/includes/file.php on line 169

Kesalahan tersebut membuat kacau halaman back-end dan front-end instalasi WordPress. Setelah melalui beberapa ujicoba, maka berikut adalah langkah-langkah yang telah saya lakukan untuk mengatasinya (akan sengaja ditulis dalam bahasa inggris, hingga kalau ada yang nyasar ke sini dan perlu pakai bahasa inggris juga bisa faham, meski dikit-dikit) :

*Assume that you already installed Redux Framework and got an error message, and your back-end and/or front-end is messed up. Let it be there, You don't have to delete an existing installed redux framework.


Redux Framework
Redux Framework

STEP 01
Open file.php (located in: wp-admin/includes), find line 169:
$temp_filename .= '-' . wp_generate_password( 6, false );

change it into:
// $temp_filename .= '-' . wp_generate_password( 6, false );

or, you can change it into something else like this:
$temp_filename .= '-x' . wp_generate_password( 6, false );

You can change it into -x or something else you want, ex. -qwerty, etc. ; just not - only ; in case you forget, it's better to back-up an original file.php

STEP 02
Replace an existing file.php on your WordPress instalation with edited one. (temporary)

STEP 03
Refresh or reload your dashboard. If it works, your dashboard will be accessible like it supposed to be. If you can access your dashboard, go to plugin list and find Redux Framework, then deactivate demo mode.

STEP 04
Put your original file.php back or replace an edited one with the original one.
That's it. Done! Hope it will work with your case.
After all, I have no guaranty that it will work with your case, if you have the same problem. At least, it works in my case.
Ya jadi begitulah, apa yang telah saya lakukan, dan berlaku untuk apa yang saya alami. Mudah-mudahan cara mengatasi ini juga bisa mengatasi masalah yang sama jika ada. Sementara itu, bagian paling melelahkan dari tulisan ini adalah bahasa inggrisnya.

Semoga ada manfaatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar