Sabtu, 16 Maret 2013

Feedreader: Aplikasi Pengganti Google Reader

Nampaknya berita penutupan layanan Google Reader akan cukup mempengaruhi kebiasaan membaca sebagian kawan-kawan. Terutama yang senang membaca ragam tulisan secara berlangganan.

Mau tidak mau, harus diakui, cara seperti itu memang memudahkan. Termasuk pula saya di dalam kelompok itu :). Bahkan, konon sampai ada yang merasa kebijakan google tersebut seolah memutuskan cintanya kata Bundo :))

Lantas, bagaimana setelah google reader ditutup? Kebetulan saya tenang-tenang saja. Karena selain menggunakan google reader, juga menggunakan sebuah aplikasi desktop untuk kepentingan yang sama. Aplikasi itu bernama Feedreader dan bisa didapatkan di websitenya Feedreader.

Feedreader: Aplikasi Desktop Pengganti Google Reader
Penampakan Aplikasi Feedreader
Bagi kawan pengguna baru aplikasi desktop pembaca pengumpan ini, dan ingin tetap menggunakan semua feednya yang ada di google reader, maka mudah saja. Tinggal di-import lah itu semua feednya. Pertama tentu harus di-export dulu feed yang ada di google reader.

Cara Export Data Feed di Google Reader
Untuk melakukan ekspor data feed pada google reader, kawan tinggal perhatikan dan arahkan mouse atau tetikus pada itu tulisan Subcriptions, setelah muncul tanda panah kecil maka klik panah itu dan pilih menu manage subcriptions.

Setelah menu untuk pengelolaan subcription tersebut, pilih tab Import/Export. Tenang saja, tidak akan ada menu untuk impor sapi pada menu tersebut. Kemudian pilih Download your data through Takeout. Maka kemudian kawan² akan mengunduh data feed yang selama ini ada di google reader.

Cara Import Data Feed ke Aplikasi Feedreader
Sekarang, langkah selanjutnya adalah mengimpor data feed yang tadi sudah diunduh. Jika data tersebut terkompres, maka silakan buka dulu kompresannya, boleh pakai 7-Zip, WinZip, WinRar atau aplikasi sefungsi lainnya.

Caranya, buka aplikasi Feedreader, pada menu File pilihlah Import OPML. Pilih file bernama subcriptions dari sejumlah berkas yang tadi sudah diunduh dari google reader. Selebihnya, biarkan sistem atau aplikasi bekerja.

Sudah. Itu saja.

Gambar: Sumber

1 komentar:

Pakacil mengatakan...

Mohon maaf kepada Bundo LJ, yang semula ada komentar beliau pada postingan ini ternyata kemudian hilang, akibat perubahan sistem komentar dari Disqus kepada sistem native blogger.

Posting Komentar