Jumat, 09 Agustus 2013

Hasil Uji Coba Android Device Manager

Beberapa waktu beredar kabar bahwa google telah mulai memperkenalkan Android Device Manager. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna android tinggal buka menu:
Setting » Location and security » Select device administrators

Android Device Manager

Sudah memilikinya? Jika belum, mungkin kawan belum melakukan update atau belum kebagian jatah. Apa yang bisa dilakukan Android Device Manager adalah:
  • Menemukan lokasi perangkat
  • Membunyikan perangkat (jika ingin mencari kalau misalnya lupa meletakkan)
  • Menghapus data yang tersimpan pada perangkat secara remote

Android Device Manager
Hasil Ujicoba Android Device Manager
Berikut adalah hasil saat kulakukan ujicoba menggunakan layanan Android Device Manager ini. Satu persatu saja sesuai fungsinya.

Uji Menemukan Lokasi Perangkat
Saat mencoba menemukan lokasi perangkat dengan menggunakan Android Device Manager, maka akan ada 2 (dua) informasi yang ditampilkan, pertama adalah lokasi berbasis peta, dan kedua adalah alamat. Untuk hal alamat, nampaknya sangat tergantung dengan basis data peta yang dimiliki oleh google.

Untuk lokasiku yang persis ada di Kota Banjarbaru, peta menunjukkan dengan relatif benar dengan akurasi ±25m. Namun untuk alamat, ini yang agak repot. Alamat menyebutkan ada di Kota Martapura (???). Jauh sekali selisihnya.

Uji Membunyikan Perangkat
Jika suatu saat kita lupa dimana meletakkan perangkat. Android Device Manager dapat digunakan untuk menemukannya. Walau kadang kita sebetulnya mungkin akan lebih mudah dengan cara minta bantuan teman untuk menelpon sehingga perangkat berbunyi dan kita bisa mencari sumber suara yang diharapkan adalah lokasi perangkat. Mungkin cara kerjanya seperti itu. Hasil ujicoba Android Device Manager untuk hal ini? Berjalan dengan lancar.

Uji Menghapus Data pada Perangkat
Naaaah.. kalau soal yang satu ini jujur saja memang belum dilakukan ujicoba. Karena belum melakukan back-up data. Jadi, kalau ada yang mau melakukan ujicoba duluan, silakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar