Rabu, 25 Mei 2016

Membuat Simbol Menggunakan Kode ALT

Terkadang untuk kepentingan tertentu, kita ingin menggunakan simbol² khusus. Baik karena memang diperlukan, maupun hanya sekedar karena ingin. Salah satu contoh sederhana adalah misalnya saat ingin menuliskan satuan meter persegi secara ringkas. Maka penulisan meter persegi akan lebih bisa difahami manakala ditulis sebagai dari pada dituliskan sebagai m2. Atau kali lain kita ingin menulis "setengah" dengan menggunakan angka, maka bisa dituliskan sebagai 1/2 atau dengan menggunakan kode khusus akan dapat dituliskan menjadi: ½.

Membuat Simbol Menggunakan Kode ALT
Membuat Simbol Menggunakan Kode ALT
Baiklah, cukup contoh²nya dan langsung dilanjutkan saja, mumpung menurut salah satu website peramal cuaca suhu di Kota Banjarbaru saat ini ±24ÂșC.

Daftar Simbol Menggunakan Kode ALT
Simbol Kode ALT
Tentu saja, membuat kode² tersebut akan lebih mudah jika text editor (penyunting teks) yang digunakan telah memiliki fasilitas untuk menambahkan kode atau simbol khusus. Misalnya saja WordPress, itu sudah menyediakan. Blogspot? Tumblr? Nampaknya sama-sama belum. Lantas?

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat simbol adalah dengan kode ALT. Yakni mengkombinasikan angka-angka tertentu dengan tombol Alt pada keyboard. Perlu diperhatikan: Angka-angka yang digunakan pada keyboard adalah angka yang terdapat pada numeric keypad, oleh sebab itu pastikan sebelumnya Num Lock telah aktif. Bagi pengguna laptop yang tidak miliki numlock bisa gunakan tombol Fn (Function). *Catatan khusus: Saya tak suka pakai laptop dan tak miliki laptop. Biasanya hasil pinjam :D *

Untuk membuat simbol, terus tekan tombol Alt sembari tekan angka sesuai dengan simbol yang diinginkan. Contoh satu lagi, untuk membuat simbol hati seperti ini ♥ ; caranya adalah dengan menekan tombol Alt kemudian tekan angka 3 (sambil tombol Alt terus ditekan) pada numpad, maka kemudian jadilah simbol ♥. Kalau sudah muncul, ya boleh lepaskan tekanan pada tombol² itu. Tentu ini sudah difahami, kalau belum juga ya kebangetan.

Untuk melihat daftar simbol yang bisa dimunculkan dengan menggunakan kode ALT, silakan klik gambar yang lebih kecil tapi menjulang itu di atas, yang ada caption "Simbol Kode ALT"-nya. Silakan dan boleh disimpan atau bagikan ulang. Namun, kalau ada yang bingung dengan gambar itu sebab berformat WebP, silakan gunakan yang berformat PNG yg disediakan di situ.

Selamat mencoba bila ingin. Semoga bermanfaat. Sementara saya mau menikmati Tongseng bebek di Warung Poro dulu, karena enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar