Selasa, 24 Mei 2016

Google Material Icons - Font Awesome - Bootstrap Glyphicons

Salah satu detil dalam pembuatan tampilan antar muka adalah ikon. Penggunaan ikon tentu saja tidak sebatas untuk kepentingan tampilan, namun ikon juga dapat memililiki fungsi tertentu. Baik sebagai menu, maupun lainnya. Tergantung saja, bagaimana ingin menggunakannya.

Untuk menampilkan ikon yang diinginkan, daru dulu dan sampai sekarang, tentu saja salah yang harus dilakukan adalah membuat ikon tersebut terlebih dahulu. Ada gambar yang dibuat kemudian diunggah dan dipergunakan sesuai keinginan. Itu jika membuat sendiri. Atau bisa menggunakan ikon-ikon yang ada dan bebas untuk dipergunakan.

Font Awesome

Sementara saat ini, sudah ada alternatif atau cara lain untuk menampilkan suatu ikon, tanpa harus menggunakan berkas gambar. Prinsip kerjanya, pilah dan pilih ikon yang diinginkan, dan hanya dengan sebaris kode, kita sudah bisa menampilkannya. Tanpa harus melakukan instalasi apapun, ataupun mengunggah ikon.

Alternatif atau cara tersebut adalah dengan menggunakan:

Google Material Icons
Untuk menggunakan ikon-ikon yang ada tersebut, caranya sangat mudah. Selain melalui laman-laman resminya, berikut adalah beberapa resources yang mungkin berguna bagi yang ingin mengetahui cara penggunaannya (bagi yang sudah tau, ya sudah tau artinya):
Kelebihan penggunaan ikon-ikon tersebut adalah: sudah ada sumber daya yang tersedia dan bisa dipergunakan secara gratis. Selain itu, ikon-ikon yang ditampilkan pada dasarnya bukan berupa gambar, namun diperlakukan sebagaimana teks. Sedangkan kelemahannya adalah memang kita hanya bisa menggunakan apa-apa yang sudah tersedia saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar