Minggu, 22 Mei 2016

Dikejutkan Fraud Warning Peramban Opera

Kemarin, disela waktu penyelesaian melakukan pembaruan dan perubahan blogroll yang diberikan nama BlogRoll ≡ Articulus itu, yang memang sudah cukup lama dimiliki namun tak terurus, dikejutkan oleh fraud warning yang ditampilkan oleh peramban opera. Peringatan tersebut muncul begitu mau login ke dasbor blogspot. Padahal, sebelumnya mau masuk, dalam keadaan baik-baik saja, dan tak kurang suatu apa.

Begitu dicoba untuk masuk ke layanan milik google lainnya, tentu saja dengan menggunakan akun google juga, tetap saja peringatan tersebut muncul. Memang sih, bisa saja untuk mengabaikan peringatan tersebut. Namun tentu lebih baik untuk berhati-hati. Agar jangan sampai menjadi korban dari sesuatu yang sebenarnya bisa dihindari.

"Fraud Warning" Peramban Opera
"Fraud Warning" Peramban Opera
Oleh sebab peringatan yang terus muncul, jadilah berusaha mencermati url yang ada pada baris alamat peramban opera yang digunakan. Hasilnya? Tidak ada yang mencurigakan. Kemudian melakukan pemindaian juga. Nampak aman dan bersih saja. Setidaknya menurut aplikasi yang digunakan.

Alhasil, ya berada dalam kebingungan. Meski secara teknis bisa menggunakan peramban lain. Ya memang, nyatanya begitu menggunakan peramban Chrome, akses berjalan dengan lancar saja. Sebab fraud warning tersebut memang fitur yang terdapat pada opera.

Solusinya?
Ya entahlah, kemarin itu sih biarkanlah dulu untuk sementara, mungkin phishtank sedang keliru. Begitu saja mikirnya. Yang jelas, memang ±1,5 jam setelah itu, peringatan tersebut tidak muncul lagi. Artinya sudah dianggap aman. Syukurlah. Semakin memperkuat dugaan saja, ada sedikit kekeliruan. Ya wajarlah, selama masih buatan manusia.

Sehingga kemudian meluncurlah dengan lancar tulisan tentang perubahan Lapangan Bola menjadi Taman Murjani Banjarbaru itu. Sebuah pemikiran tentang Kota Banjarbaru yang sebenarnya sudah lama tersimpan dalam kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar