Rabu, 18 Mei 2016

Google Spaces, Mainan Baru Google

Google Spaces, entah apa yang akan disasar oleh Google saat meluncurkan layanan baru tersebut. Layanan yang kalau dikatakan ada kemiripan dengan Google Plus juga iya, meski tidak sepenuhnya. Saat baru saja coba-coba sedikit, nampaknya Spaces ini lebih fokus. Semacam group khusus, yang kalau dalam pengantar Google memang sudah disebutkan sebagai: Grup kecil yang membagikan semua hal yang terjadi dalam hidup.

Selaku pemiliknya, Google juga menyebutkan bahwa Spaces sudah dilengkapi dengan Google Penelusuran, Chrome, Foto, dan YouTube, Sehingga pengguna dapat menemukan, membagikan, dan melihat berbagai hal tanpa beralih antar aplikasi.

Waktu tadi coba-coba awal, secara khusus tersedia tombol-tombol buat berbagi -semacam- status, gambar, dan tautan. Dan sepertinya satu Spaces dimaksudkan oleh google adalah untuk satu topik tertentu, spesifik. Apakah ini kemudian berarti pengguna akan menjadi supplier konten spesifik langsung kepada Google? Entahlah...

Google Spaces
Google Spaces
Memang, membuat spaces tentu sangat mudah dan cepat. Tinggal klik, dan tentukan namanya. Juga bisa pilih gambar sampul dan memilih warna utama. Sebagai contoh, sayapun sudah buat spaces Kota Banjarbaru dan spaces Kalimantan Selatan.

Spaces - Kota Banjarbaru
Spaces - Kota Banjarbaru
Karena memang baru saja dibuat, dan dibikin, jadi belum sepenuhnya merasakan pengalaman pengguna yang seutuhnya. Sehingga tak perlu dulu bicara bagaimana kemungkinan jka Google Spaces berhadapan dengan Facebook, dan lain sejenisnya itu.

Google Spaces
Google Spaces
Kemarin waktu coba cari, masih belum ada, tapi barusan saat coba, ternyata Google juga sudah sediakan aplikasi Space untuk android (dan iOS kalau tidak salah). Bagi yang ingin coba merasakan spaces via perangkat android, bisa coba pasang Spaces melalui play store. Selain itu, juga sudah tersedia ekstensi Spaces untuk peramban Chrome. (Catatan: Bagi pengguna peramban opera dan ingin memasang ekstensi milik chrome, bisa baca ini: Memasang Ekstensi Chrome pada Opera)

Mungkin, untuk lebih lanjut, silakan coba Spaces sendiri saja :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar