Selasa, 17 Mei 2016

Tertolong Helplogger dan Kemudian Sempat Macet

Meski resmi tercatat bahwa untuk pertama kalinya posting di layanan blogspot (yang blognya kemudian dibiarkan tersimpan, sekedar jadi kenangan) adalah pada April 2006 atau satu dekade lalu, bukan berarti faham betul bagaimana menggunakan blogspot. Karena setelah itu, jauh lebih sering berkutat dengan WordPress, dan sesekali berkutat dengan Joomla. Sekali waktu pernah juga nyoba PhpNuke dan beberapa CMS lain. Blogspot? Ya sudah terlupakan begitu saja.

Hanya saja kemudian, setelah sebuah media pribadi, dalam hal ini blog pribadi, yang sebelumnya (dengan domain yang berbeda dengan saat ini) menggunakan Joomla, kemudian beralih menggunakan WordPress untuk sekian lama, juga sempat mampir sebentar di Tumblr, diputuskan untuk kembali pindah dan menggunakan blogspot, maka mulailah kebingungan bermunculan.

Kebingungan dimaksud adalah saat ingin melakukan kustomisasi tampilan, dan membuatnya sebagaimana yang diinginkan. Padahal sebenarnya keinginan yang cukup sederhana, yakni tampilan yang tidak macam-macam, katakanlah maunya flat and clean saja. Sudah coba berburu template, ternyata tidak juga menemukan yang cocok di hati.

Saat belajar bagaimana melakukan kustomisasi itulah, kemudian menemukan sebuah blog yang dapat dikatakan berperan penting dalam mengelola tampilan wahyu.web.id; dan blog yang sudah berjasa besar itu adalah bertajuk Helplogger.

helplogger.blogspot.com
Banyak sekali tips dan trik yang dijelaskan oleh Helplogger. Namun tentu saja, hanya menggunakan apa yang diinginkan, sesuai dengan keperluan. Nampaknya juga banyak orang yang sangat terbantu oleh Helplogger.

Namun kemudian dan tak berapa lama, beberapa hal yang dilakukan berdasarkan penjelasan oleh Helplogger dan coba diterapkan itu, tidak berjalan dengan baik. Atau ringkasnya gagal. Hal ini tentu menyebalkan, sungguh menyebalkan bagi seorang yang tidak begitu faham blogspot ini.

Namun untungnya, tidak perlu waktu yang lama untuk menemukan problemnya, kenapa tips yang diberikan oleh Helplogger tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebabnya ternyata adalah:
Untuk melakukan sejumlah hal, Helplogger menggunakan berkas javascript lain, yang dipanggil agar kustomisasi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Sebagai contoh saja, pada salah satu tips dan triknya, Helplogger menggunakan javascipt sebagaimana berikut:

http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/listbadge.js

Masalahnya adalah, berkas yang dipanggil dan diperlukan tersebut (listbadge.js) sudah tidak lagi terdapat pada Google Code. Mungkin ini ada kaitannya dengan layanan google code yang sudah ditutup oleh Google, atau mungkin karena ada sebab lain yang entahlah.

Setelah menemukan masalahnya, maka kemudian tinggal diatasi. Caranya?
Yakni pindahkan berkas yang diperlukan ke tempat lain yang kita inginkan dan bisa, kemudian lakukan penyesuaian lokasi berkas yang dipanggil pada script yang digunakan. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena arsip berkas-berkas Helplogger sampai saat ini sebenarnya masih tersedia di sini.

Setelah langkah tersebut di atas dilakukan, wusss... penyesuaian yang dinginkan kemudian dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tentu saja, terima kasih dengan banyak sekali kepada Helplogger. Kini bisa main di blogspot dengan lebih puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar