Jumat, 03 Juni 2016

Indosat myCare (v.30) Android Larang Penggunaan Root

myCare, aplikasi selfcare bagi pelanggan Indosat Ooredoo yang baru saja merilis pembaruan pada 2 Juni 2016 kemarin. Versi 30 yang merupakan versi terbaru myCare tersebut menuai protes keras dan ulasan negatif dari sebagian penggunanya. Protes tersebut disampaikan oleh pengguna myCare yang perangkat androidnya telah diroot. Termasuk oleh yang nulis ini, juga ikut protes.

Setelah melakukan pembaruan, ternyata aplikasi myCare (versi 30) tidak bisa digunakan pada perangkat yang telah diroot. Masih belum jelas, apakah memang diniatkan atau sengaja dibuat begitu, ataukah ini sebuah ketidaksengajaan (bug).

myCare - Aplikasi selfcare Indosat Ooredoo
Sebuah pemberitahuan muncul saat aplikasi dijalankan pada perangkat yang telah diroot, yang menyatakan: "Device is a rooted device, please install the app on another device". Begitu katanya.

Lebih kurangnya sih, pengguna yang perangkatnya diroot diminta untuk menginstall myCare pada perangkat lain saja, tentu saja perangkat lain itu maksudnya adalah perangkat yang tidak diroot.

Jika melihat adanya pemberitahuan tersebut, maka hampir dapat dipastikan bahwa batasan penggunaan myCare pada perangkat yang telah diroot tersebut merupakan sebuah kesengajaan.

Entah apa alasan Indosat Ooredoo memberlakukan hal tersebut. Yang jelas, pengguna yang tidak suka akan hal tersebut langsung saja menghadiahi myCare dengan satu bintang pada ulasan aplikasi. Ya termasuk yang nulis ini juga sih, ikut ngasih satu bintang.

Sementara dalam catatan pembaruan myCare, tidak disampaikan secara jelas tentang hal ini. Entah apakah ini yang dimaksudkan pada item "Security Upgrades" dalam catatan pembaruannya.

Kesimpulannya sederhana: Uninstall :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar